Selamat Datang Di Blog Yang Sederhana Ini. Selamat Mengunjungi Artikel Yang Ada... Terima Kasih...

Selasa, 19 Februari 2013

Virus Autolike di Facebook

Mengenal Virus Autolike di Facebook

Kini serangan virus bukan lagi hanya sistem operasi maupun file di komputer anda, tapi juga akun social media.

Virus komputer biasanya akan merusak file sistem didalam sistem operasi maupun file-file penting lainnya, namun virus social media tidak menyerang file didalam komputer anda, tapi lebih kepada memanfaatkan setiap akun yang terinfeksi virus untuk melakukan viral marketing secara
otomatis demi kepentingan lain pembuat virus (promosi), atau dengan kata lain membajak akun untuk menuliskan status di wall tanpa sepengetahuan pemilik.

Sebenarnya serangan ini terjadi sejak akhir 2012 dan memuncak hingga januari tahun ini. Kebanyakan korbannya adalah pengguna facebook awam yang terbujuk rayuan untuk melakukan klik “like/suka” di facebook.
Hingga saat ini pengguna yang terinfeksi malware berbasis web ini sekitar 2 sampai 3 ribu pengguna aktif facebook, dan rata-rata terinfeksi karena tergiur tautan (link) yang diberikan bersama sebuah pesan.

Berikut beberapa contoh pesan yang biasanya digunakan virus Autolike untuk merayu calon korbannya:

1. Instal tampilan facebook 2013 disini http:// kronologi-2013.webng.com/, Pastinya tampilan facebook kalian jauh lebih keren.

2. Autoadd,Autolike, UpdateStatusViaBlackberry, NontonTVOnline Hanya di …

3. Parah banget, lagi2 pejabat gelo.. mesum sama anak smu.. tonton videonya disini gan —>http:// pejabatmesum.c**

Setelah anda mengklik tautan yang ada dipesan tersebut, calon korban akan dibawa kesitus pembuat virus yang memberikan petunjuk bagaimana mengambil token untuk bisa mengunduh video yang dijanjikan, atau tanpa anda sadari mengaktifkan virus Autolike setelah anda mengklik tautan.

Token ini sendiri sebenarnya adalah mekanisme perlindungan yang diberikan Facebook untuk penggunanya sehingga apabila langkah ini tidak dilanjutkan, maka akun akan tetap aman dan tidak terinfeksi. Selain proses aktivasi token, calon korban juga harus menginstall satu aplikasi tambahan bernama “Xperia smartphone from Sony” sekaligus memberikan hak posting ke wall.

Berikut beberapa langkah-langkah sederhana Untuk menghindari Virus Autolike :

1. Jangan sembarang mengklik link artikel dari orang yang belum anda kenal.

2. Jangan melakukan proses instalasi “Token” yang sebenarnya membypass pengamanan akun facebook.

3. Jangan menginstal aplikasi yang tidak diketahui kegunaannya.

Berikut beberapa langkah-langkah sederhana Untuk menghapus Virus Autolike :

1. Login ke akun Facebook, masuk ke menu [Privacy Setting] dengan mengklik [*] [Privacy Settings] Untuk membuka menu “Privacy Settings and Tools”

2. Klik [Apps] pada menu sebelah kiri untuk membuka menu “App Settings”.

3. Pada menu App Settings, pada aplikasi dengan nama “Xperia Smartphone From Sony” klik tanda silang dan jika mendapatkan layar konfirmasi, ingat untuk centang/tick pada kotak kecil dengan pilihan “Delete all your Xperia Smartphone from Sony activity on Facebook dan klik tombol “Remove”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar